Minggu, 26 Februari 2012

Tentang Christopher Columbus

Fakta Unik Tentang Christopher Columbus
Christopher Columbus sang penemu Benua Amerika. Begitulah yang biasa dijelaskan di buku-buku teks sekolah kita. Dia menemukan benua yang sebelumnya telah dihuni bangsa Indian tersebut sekitar abad ke 15
.
  Nama Cristopher Columbus dalam bahasa tanah kelahirannya Genoa adalah Christoffa Corombus.
Lukisan wajah Columbus yang ada di pasaran(kayak barang aja) berbeda-beda. Tidak ada gambar asli mengenai Columbus. Marco Polo adalah salah satu tokoh motivasi bagi Cristopher Columbus.
Cristopher Columbus ternyata Bukan manusia pertama yang melakukan pelayaran ke Benua Amerika 12 Oktober 1492. Bangsa Viking lebih dulu 3 abad (Lebih kurang) menginjakkan kaki di benua Amerika pada abad 11 dan mendirikan koloni L'Anse aux Meadows untuk jangka waktu singkat. Tidak hanya itu terdapat juga banyak teori mengenai ekspedisi ke Amerika oleh berbagai orang sepanjang masa diwaktu itu. Terdapat perkiraan bahwa pelayar yang tidak dikenali pernah melawat ke Amerika sebelum Columbus dan membekalkannya dengan sumber untuk kejayaannya Lukisan bangsa Viking yang senang berlayar.
Kepulauan Bahama yang didaratinya (El Salvador) adalah daratan yang diduga Columbus sebagai India sepanjang hidupnya.

Ketika bangsa Spanyol baru mendarat di benua Amerika, para orang-orang Indian menyambutnya dengan gegap gempita dan rasa ingin tahu, mereka menyuguhi bangsa Spanyol dengan berbagai makanan dan minuman serta memberikan berbagai macam hadiah, Columbus menuliskan hal trsebut di buku hariannya:

"Mereka membawakan kita beo dan bola kapas dan tombak dan banyak hal lainnya, yang mereka ingin pertukarkan dgn manik-manik kaca dan lonceng elang '. Mereka rela menyerahkan segala yang mereka miliki. Mereka tegap, dengan tubuh yang baik dan wajah tampan .... Mereka tidak memanggul senjata, dan tidak mengenal senjata, karena aku menunjukkan kepada mereka pedang, mereka memegang bagian yang tajam dan melukai tangan mereka sendiri akibat ketidaktahuannya itu. Mereka tidak mengenal besi/iron. tombak mereka dibuat dari tebu. Mereka akan menjadi budak yg baik. Dengan hanya lima puluh orang, kita bisa menundukkan mereka semua dan membuat mereka melakukan apapun yang kita inginkan.

Sepulang dari Amerika, Columbus dan anak buahnya menyebarkan penyakit sipilis ke Eropa, sebaliknya orang Eropa menyebarkan penyakit smallpox (Cacar) ke orang-orang indian.
Columbus mungkin merupakan salah satu penyebab genosida terbesar didunia. akhirnya Columbus meninggal dalam keadaan miskin disebuah kota kecil bernama Velladodid.

Sumber : Perpusda.com

0 komentar:

Posting Komentar

Banner Sahabat

 
Selamat datang n happy bloging