Selasa, 14 Februari 2012

Kembaran Bumi – Bumi ada Dua Dunia Zarmina

Bumi ada 2?

Ilustrasi Kembaran Bumi
Para ilmuwan baru-baru ini menemukan planet kembaran Bumi yang berada di luar tata surya. Namanya, Planet Gliese 581g. Nama lain yang kendengarannya lebih indah adalah Dunia Zarmina.
Para ilmuwan tidak cuma menemukan Dunia Zarmina, tapi juga menemukan adanya sinyal misterius yang dipancarkan dari planet yang kemudian disebutkan sebagai planet kembaran bumi tersebut.
Dr Ragbir Bhathal, ilmuwan dari University of Western Sydney yang melihat sinyal aneh itu pada Desember 2008. Jauh sebelum diumumkan bahwa ada planet yang bisa dihuni mahluk hidup di orbit bintang cebol, Gliese 581.
Penemuan Dr Ragbir Bhathal hanya sebulan sebelum para astronom mengumumkan penemuan planet Gliese 581e yang kurang bisa dihuni (habitable) dibandingkan Gliese581g, meski keduanya terletak di sekitar bintang yang sama yang jauhnya sekitar 20 tahun cahaya.
Dugaan bahwa benar ada kehidupan di seputar Gliese 581 saat ini dikuatkan oleh pendapat Dr Steven Vogt dari University of California, Santa Cruz. Dr Steven Vogt mengaku 100 persen yakin ada kehidupan di planet itu.
Planet Gliese 581g berada di gugus bintang Zona Goldilocks. Sebuah wilayah di angkasa yang kondisinya tak terlalu panas, juga tak terlalu dingin bagi cairan yang membentuk laut, danau, maupun sungai.
Planet tersebut juga nampaknya memiliki selubung atmosfer, gravitasi seperti Bumi. Para ilmuwan berpendapat, jika benar, temuan ini adalah pendukung fakta bahwa alam semesta dipenuhi planet yang mirip dengan dunia manusia.

sumber:adiwibowo

0 komentar:

Posting Komentar

Banner Sahabat

 
Selamat datang n happy bloging