BitNami adalah alat freeware yang memungkinkan anda untuk menginstal wordpress pada Windows. BitNami WordPress Stack menyederhanakan deployment dari WordPress dan dependensi yang diperlukan. Hal ini dapat digunakan dengan menggunakan installer asli, sebagai mesin virtual, di cloud atau sebagai modul melalui Stack infrastruktur yang sudah terpasang.
Jadi ini tidak seperti Xamp yang sudah saya bahas sebelumnya pada artikel disini : Install Web Server Portable yang menurut saya terlalu rumit dan ketika anda install wordpress pada Xamp anda juga harus mengkonfigurasi user dan database yang nantinya anda gunakan tetapi jika anda menggunakan Xamp ada keuntunganya karena anda bisa mengguakanya pada USB atau media penyimpanan portable lainya.
Keuntungan menggunakan BitNami atas metode lain seperti XAMPP adalah bahwa tidak ada konfigurasi manual yang diperlukan untuk database atau Wordpre Dan anda juga dapat menginstall paltform lainya selain wordpress yang sudah disediakan platform installasinya.
BitNami Download Wordpress Install WordPress pada Windows dengan BitNamiLangkah pertama anda harus mendownloadnya dan lakukan instalasi
http://bitnami.org/stack/wordpress
Binami Setup Install WordPress pada Windows dengan BitNamiPada langkah Setup Create admin Account silahkan isi lembar detail anda. dan Klik Next.
Binami Setup host Install WordPress pada Windows dengan BitNamiPada langkah pada gambar diatas anda isikan blog name anda atau biarkan default pada Hostname itu yang perlu anda perhatikan. Pastikan IP address internet anda tidak berubah alias Static, jika anda pengguna IP dinamik ketika anda login anda akan selalu gagal.
Jadi solusinya anda bisa gunakan alamat IP localhost anda ganti ke 127.0.0.1 pada Hostname. Jika sudah Klik Next sampai proses instalasi selesai. untuk alamat login admin wordpress adalah sebagai berikut :
http://127.0.0.1/wordpress/wp-admin/
Nah sekarang anda bisa langsung login kedalam Dasboard wordpress anda melalui alamat tersebut pada localhost. Jika anda pada setup Hostname menggunakan alamat IP internet anda jadi anda harus ganti alamat IP localhost dengan alamat IP static anda.